Monday, November 22, 2010

Perkembangan Model Atom 2_Dalton’s

By: Fajar Sadiq
Frend, pada postingan sebelumnya kita dah ngomongin tentang awal mulanya teori atom. Teori tentang atom sebagai penyusun benda-benda di alam di masa Yunani kuno itu lambaaat banged perkembangannya. Soalnya kamu tahu gak, sebenarnya masa itu yang me”raja”i pemahaman orang tentang penyusun benda-benda bukan teori atom, tetapi teorinya Mbah Aristoteles. Dia berkoar-koar kalo penyusun alam ini ga’ lain ga’ bukan adalah si empat unsur, yaitu: Air, Api, Tanah, Udara. Bagi orang-orang jaman itu, selain percaya dengan kemumpunian pemikiran SiMbah Aris, juga ga’ ribet buat memahami teori itu. Keempatnya khan nyata , bisa dilihat en dirasakan. Kalo atom mah, ngebayanginnya juga susye’ pa lagi kudu ngerti hal ihwalnya. Jadi yaa, wajar lah teori atom boleh dibilang ga’ sukses dipasaran alias mandeg.
Baru deh menjelang abad modern, ketika banyak penemuan-penemuan bidang sains muncul dari hasil eksperimen, juga popularitas Mbah Aristoteles mulai pudar (soalnya siMbah kan cuman mengandalkan hasil renung merenung en kepikiran belaka, sementara sains modern menolak mentah-mentah teori yang ga’ di support sama eksperimen), para ilmuan mulai tuh ngelirik lagi teori tentang atom.
Salah satu yang cukup populer adalah John Dalton. Saat itu tahun 1803, Om Dalton mengumumkan ke halayak ramai hasil kerja dia mengkolaborasikan hukum konservasi massa (dipopulerkan oleh Lavoisier) dan hukum perbandingan tetap (dipopulerkan oleh Proust). Setelah mengkaji reaksi-reaksi kimia berdasarkan kedua hukum tersebut si Om Dalton menyatakan model atomnya. Meski ga’ seluruhnya benar, model atom Dalton ini cukup penting lho menjadi pijakan buat ilmuan lain untuk melangkah lebih maju jika pengen mengkaji tentang atom.
Model Atom yang digeber Dalton kaya gini nih:
1. Atom itu bagian terkecil dari materi yang ga’ bisa dibagi lagi
2. Bayangkanlah bahwa atom itu bentuknya berupa bola keciiiil yang padat
3. Suatu unsur mengandung atom-atom yang identik, maksudnya kalo loe nemu besi dimana aja, penyusunnya ya sama, yakni atom besi. Begitu juga dengan unsur lain.
4. Reaksi kimia ga’ lain ga’ bukan cuman menata ulang formasi atom-atom.
Oke deh, nikmatin dulu model atom Dalton ini. Ntar kita sambung ke model atom yang lebih canggih.
wassalam

1 comment:

  1. Tolong posting juga model atom yg lain dunk

    ReplyDelete