Friday, January 27, 2012

Asam Basa (Pengantar)

Senyawa Asam
Apakah kamu suka minum jus jeruk? Di saat suasana panas, minum jus jeruk pasti menyegarkan. Apalagi ditambah es, wuih…semriwing..!! kamu pasti tahu dari mana rasa masam yang menyegarkankan dalam jus jeruk kan? Tepat sekali, itulah salah satu senyawa asam yang bernama asam sitrat. Banyak sekali senyawa asam yang digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Contohnya asam asetat dalam cuka, asam askorbat dalam vitamin C, asam karbonat dalam minuman bersoda, dan lain-lain.
Selain rasanya yang masam, asam bersifat korosif (merusak) terhadap logam . sifat asam yang lain adalah memberikan warna merah pada kertas lakmus.
Lakmus merah + asam : warna merah
Lakmus biru + asam : warna merah

Senyawa Basa
Senyawa basa juga banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana rasanya gosok gigi tanpa pasta gigi? Tidak nyaman, kan? Itu karena pasta gigi mengandung senyawa basa kalsium hidroksida yang dapat menetralkan senyawa asam pada gigi kita. Contoh lain senyawa basa adalah magnesium hidroksida yang terdapat dalam obat maag, natrium hidroksida sebagai bahan pembuat sabun, amoniak sebagai bahan pembuat pupuk, dan lain-lain. Senyawa basa biasanya dikenali dengan rasanya yang agak pahit dan terasa seperti lendir jika terkena kulit. Dengan kertas lakmus, basa memberikan warna biru.
Lakmus merah + basa : warna biru
Lakmus biru + basa : warna biru

3 comments: