Thursday, July 11, 2013

Apaan sih Gunanya Belajar Kimia?

Kaya'nya kamu kudu tahu manfaat belajar kimia. Kan bisa bikin semangat juga tuh? Persis kalo kamu jalan tapi ga' ada tujuan, lama-lama bete juga kan?
Nah ini saya bikin list manfaat belajar kimia, kamu boleh tambahin lewat komen.

1. Nambah yakin akan kebesaran Allah
Ilmu kimia tuh ya sebagian keciiil IlmuNya Allah juga to? Pasti dahsyat deh kalo kita perhatiin, gimana materi di alam ini tersusun, berubah dan menghasilkan energi. Contoh sederhana air yang rumus kimianya H2O. Artinya disusun oleh 2 atom hidrogen yang bersoulmate dengan 1 atom oksigen. Coba perhatiin air, wujudnya (pada suhu kamar, 25 oC) cair, segar buat minum, bisa memadamkan api, dan sifat lain yang kamu tahu sendirilah. Padahal penyusunnya hidrogen dan oksigen yang keduanya beda banget dengan sifat air. Keduanya berwujud gas pada suhu kamar. Api kalo disiram oksigen malah tambah semangat nyalanya, bahkan kalo dikasih hidrogen bisa mleduk tuh. Maha Besar Allah yang telah mencipta air. Semoga keimanan dan taqwa kita kepadaNya makin mantap.
2. Ngerti berbagai proses kimia alam
Jaman dah modern kaya gini, jadi orang muda tuh yah harus punya wawasan luas. Dari kimia kita bisa tahu banyak hal, gimana proses pembakaran, perkaratan, pembusukan, peragian, dan banyak lagi.
3. Otak jadi makin cerdas karna terus dipake mikir
Ya iya lah, belajar yang lain juga gitu kan, hehe.
4. Berlatih berfikir logis, sistematis, kritis dan kreatif.
Semua kemapuan teknik berpikir di atas perlu banget buat kesuksesan kita dalam kehidupan. Orang yang punya kemampuan tersebut relatif lebih survive. Nah kimia punya aspek-aspek buat ngembangin kemampuan berpikir logis, sistematis, kritis dan kreatif itu. So, makin akrab dengan kimia makin bagus kemampuan berpikir kita.
5. Ngerasain asyiknya praktikum
Wuih asyik loh kalo pas lagi praktikum di lab. Kita jadi makin punya kesempatan untuk mengeksplorasi keunikan berbagai zat dan sifat-sifatnya.
6. Ngebangun sikap jujur, slalu pengen tahu, pantang menyerah, terbuka, mampu bekerja sama, juga sikap-sikap positif lainnya.
7. kenal ama seleb-seleb kimia
8. Bisa bikin produk-produk yang b'guna buat kehidupan
Buanyak banget produk yang dipake orang dibuat berdasarkan reaksi kimia. Sebut aja: shampo, parfum, deterjen, pasta gigi, obat-obatan, cat, semen, plastik, kertas, de el el.
Udah dulu deh ah. Silakan tambahin sendiri. Pokoknya semangat!!

No comments:

Post a Comment