Thursday, July 11, 2013

Perkembangan Model Atom 1

Perkembangan Model Atom 1

By: Fajar Sadiq

Teman, dah lamaa bgd manusia bertanya-tanya, apa sih sebenarnya penyusun semesta ini. Bumi, langit, air, udara, kayu, batu, api, tubuh manusia sendiri dan semua benda di alam ini sebenarnya dibikin dari apa yach? Gitu deh kira-kira pemikiran orang-orang yang suka mikir dulu. Kamu sekarang suka mikir juga ga'? Sayang loh kalo anugerah otak dan kemampuan akal yang dah di default setting sama Allah jauh lebih dahsyat kecerdasannya dibanding processor keluaran pualing suangat bakal teranyar sekalipun, ga' dimanfaatin secara optimal. 

Bayangin deh, sejak abad ke-5 SM dah ada tuh yang kasih ide tentang penyusun alam ini. Leucippus namanya. Dia bilang kalo benda apa aja di alam ini dibelah-belah, kita bakal bisa terus ngebelahnya, ga' ada habisnya. Mungkin ga' yach? Kalo Tuhan berkehendak kaya'nya si boleh2 aja. Tapi faktanya sampai hari manusia baru bisa ngebelah sampai tingkatan quark, yakni bagian terkecil dari inti atom. Wallahu'alam besok2, siapa tau diantara kamu ada yang bisa ngelakuin lebih, ya ga'? Amiiin.
Trus ada lagi seorang pemikir Yunani lain yang hidup sekitar 380 -470 SM (panjang umur juga do'i yah), yakni Mbah Demokritus yang ga' setuju ama pemikirannya Leucippus. Si Mbah Demokritus inilah yang pertama kali ngajuin istilah atom, berasal dari a = tidak dan tomos = terbagi. So menurut do'i, ada kok batasnya kalo benda dibelah-belah. Itulah atom yang merupakan partikel terkecil suatu benda.Atom ga' bisa dibagi-bagi lagi.
Mana yang paling benar dari keduanya? Ikuti terus kisah perkembangan teori atom ini.

No comments:

Post a Comment