Wednesday, December 22, 2010

Faktor Penentu Laju Reaksi

by fajar sadiq

Asw.
Obrolan kita pada postingan sebelumnya, kita dah pada tau kalo reaksi ada yang berlangsung cepat ada yang lambat. Nah kali ini kita lanjut dengan faktor yang ngaruh terhadap laju reaksi, ada 4 nih:
1. Konsentrasi
2. Luas permukaan
3. Suhu
4. Katalis

Konsentrasi
Jika zat2 yang direaksikan konsentrasinya tinggi, jelas banget banyak juga partikel2 di dalamnya. Makin tinggi konsentrasi, makin banyak pula partikelnya. Bayangin deh, kalo ruang kelas kamu dihuni 10 orang yang semuanya pada bergerak berpindah-pindah, dibanding kalo dihuni 50 orang yang juga pada gerak ke sono ke sini, mana yang paling sering pada nabrak2? Yang isinya 50 of course. Geto juga, pada konsentrasi tinggi, kemungkinan terjadi tumbukan yang menghasilkan reaksi juga makin banyak.

Luas Permukaan
Selain buat nunjukin ketaatan muslimah, baju kurung panjang (jilbab) plus kerudung lebar juga pas banget buat ngejaga kulit biar ga' terlalu sadis dipelototin sang mentari. Nah itu salah satu contoh ngurangin luas permukaan biar reaksi (penggelapan ;) ) ga' meraja lela.
Trus lagi, bumbu2 buat masak biasanya digerus, biar permukaannya makin luas dan reaksi bisa berlangsung cepat.

Suhu
Suhu alias temperatur yang tinggi bisa diartikan energi kinetik / gerak partikel juga tinggi. So, kalo partikel2 itu pada lincah gerak geriknya, tumbukanpun makin tak terhindarkan. Reaksi jadi makin kenceng.

Katalis
Katalis adalah zat yang bisa menurunkan energi aktivasi, hingga reaksi jadi makin cepat.
Sifat kerja katalis, dia ngikut terlibat pas reaksi tapi terbentuk lagi di akhir reaksi.
That's all for now.
Moga manfaat.

No comments:

Post a Comment