Monday, December 13, 2010

MEMAHAMI KARAKTERISTIK ANAK DIDIK DALAM KAITANNYA DENGAN TINGKAT KEMAMPUAN BELAJAR

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan (2005) salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru tidak hanya memiliki tugas dan tanggung jawab mentransfer pengetahuan kepada anak didiknya melainkan harus mampu mendidik untuk mengembangkan keseluruhan potensi yang dimiliki anak didik sehingga menjadi anak yang cerdas dan berbudi pekerti luhur.
Sebagai seorang guru, sangat perlu memahami perkembangan peserta didik. Perkembangan peserta didik tersebut meliputi: perkembangan fisik, perkembangan sosioemosional, dan bermuara pada perkembangan intelektual. Perkembangan fisik dan perkembangan sosio sosial mempunyai kontribusi yang kuat terhadap perkembangan intelektual atau perkembangan mental atau perkembangan kognitif siswa.
Pemahaman terhadap perkembangan peserta didik di atas, sangat diperlukan untuk merancang pembelajaran yang kondusif yang akan dilaksanakan. Rancangan pembelajaran yang kondusif akan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga mampu meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang diinginkan.
Untuk dapat mengemban tugas dan tanggung jawabnya sebagai perwujudan dari kompetensi pedagogis ini, guru harus memiliki pemahaman yang memadai tentang karakteristik anak didiknya. Sebab, proses pembelajaran merupakan suatu proses yang kompleks karena melibatkan berbagai faktor yang harus dirancang dengan baik, sehingga faktor-faktor tersebut membangun suatu harmoni dalam suatu sistem pembelajaran. Sehingga tercipta proses pembelajaran yang menyenangkan, membuat anak didiknya betah dan mampu mengekspresikan potensinya, serta akhirnya berhasil mengantarkannya mencapai tujuan.

Naskah lengkap silakan ambil di sini

No comments:

Post a Comment