Friday, December 24, 2010

Reaksi Reduksi Oksidasi

Redoks

by Fajar Sadiq

Pernah ga' ngebayangin kalo di dunia ini orang ga' pernah menemukan yang namanya batere. Ribet banget pastinya, ya gak? Biar kata punya henpon super cuanggih, kalo harus terus2an nancep di terminal PLN, ga' gaol kale?
So, we have to say thank to Allah. Jg makacieh banget sama para ahli, kaya om Volta, yang dah ngeriset en ngedevelop batere hingga hari ini kita enak bener tinggal pake.
Nah, sebenarnya batere itu sistem kerjanya berdasarkan suatu jenis reaksi kimia yang dikenal dengan reaksi reduksi-oksidasi, disingkat redoks.
Reaksi ini melibatkan transfer elektron dari satu spesi ke spesi lainnya. Yah, kaya club bola ajah pake transfer2an. Begitulah, soalnya tiap atom unsur dah dibekali sama Allah dengan suatu kemampuan untuk melepas ato nerima elektron. Gede kecilnya kemampuan itu dikenal dengan istilah potensial oksidasi standar ( yg ngelepas elektron) dan potensial reduksi standar (yang nerima elektron). Nah kalo ketemuan dua spesi, dimana satu senang ngasih elektron trus yang lain emang butuh, jadi deh reaksi redoks.
Yang ngasih elektron artinya sedang ngalamin reaksi oksidasi, yang nerima disebut ngalamin reaksi reduksi.

No comments:

Post a Comment