Wednesday, December 15, 2010

The unique of Carbon

By fajar sadiq
Di seantero jagad fana ini yang namanya senyawa hidrokarbon emang ga' keitung, buanyak bangets. Mulai yang simpel ga' rewel kaya si methan alias CH4 sampe yang ruwet bikin mumet bangsa polimer ampe fulleren. Yang suka mikir trus nanya, gimana dengan unsur lain? Bisa ga' eksis dalam buanyak bentuk senyawa kaya kreativitas karbon tadi? Ternyata mereka ga' setangguh karbon, meski bisa ngebentuk berbagai senyawa dengan atom lain, teteup aja ga' bisa nyaingin karbon. So ada yang special dong dengan karbon? Yup, kamu emang cerdaz!
Ok, kita colek dikit deh si karbon. Kebetulan do'i lagi sendiri tuh. Jarang2 loh dia begitu.
Kita sapa yuk: ''Assalamu'alaikum...''
''Wa'alaikum salam, eh loe Jang''.
''Iya ni Bon, gw mo nanya2 dikit, boleh donk...''
''Of course, why not? Gw seneng banged kalo ada yang mo kenal en temenan ama gw''
''Makanya loe punya banyak temen buat bikin formasi senyawa yang ga' keitung Bon yach?''
''Gitchu deah''
''Emank napa bisa gitu Bon, loe pake mystik ya buat bikin yang laen kecantol ama loe''
''Hush, syirix tuw. Loe emang bener pengen tau rahasia gw, Jang?''
''He eh kuadrat Bon''
''Hehe, napsu banget loe Jang. Gini Jang, loe liat deh dalam body gw, ada apa aja?''
''Hemm, ada proton, netron, juga elektron, tapi apa hubungannya dengan kelihayan loe ngedapetin gebetan buat berbagai senyawa?''garuk2 kepala.
''Be patien Jang. Loe tau yang gw pake buat ngegaet atom lain, apaan?''
''Tau dong, elektron khan? Pasti loe pake jurus ikatan kovalen. Cuman yang lain juga gitcu, pake elektron buat ngegaet atom lain, malah jurusnya juga ga' cuman kovalen, ada ikatan ion, ikatan logam, ikatan koordinasi, ikatan hidrogen, van der walls, de es be, ga' bisa tuh ngalahin loe''
''Kalem aja kali Jang, ntar gw jd ke ge eran sendiri. Ga' kok. Smua kan dah ditaqdirin ama Yang Maha Ngatur. Kebetulan aja gw dianugerahi 6 buah elektron. Kalo orang2 sih gampangnya ngeliat no. atom gw aja. No. atom gw 6, menunjukkan bahwa gw punya 6 proton. Biar netral, maka gw juga mesti nyimpen 6 elektron''
''Trus?''
''Nah, 6 elektron itu gw pasang 2 biji di kulit gw yang pertama, en sisanya, 4 biji gw nongkrongin di kulit ke 2''
''Hei, itu kan konfigurasi elektron. Konfigurasi elektron loe jadinya: 2, 4. Loe punya 4 elektron terluar!''
''Pinter loe Jang. Nah loe dah sadar khan, gw punya 4 elektron terluar alias elektron valensi. Masih ingat teori Oktet?''
''Ingat dong, biar stabil, elektron terluar suatu atom kudu 8, betul khan?''
''seratus bwt Ojang. So keliatan banget, gw bakal ngelengkapin elektron valensi gw dengan memanfaatkan keempat elektron di kulit terluar gw, masing2 gw tugasin nyari partner buat dijadiin ikatan kovalen, ngerti ga' ikatan kovalen?''
''Yah loe Bon, tadi khan dah gw sebut2, gw tau dong maka gw sebut2. Ikatan kovalen adalah ikatan yang terjadi karena penggunaan bersama pasangan elektron oleh dua atom khan? Ah loe ngetes gw Bon''
''Hehe. Jangan esmosi Jang. So, berkat punya 4 elektron valensi, gw jadi bisa bikin 4 ikatan kovalen dengan atom lain. Misalnya, gw bisa ngegaet 4 biji atom H, maka jadilah formasi CH4. Trus asyiknya lagi, gw juga bisa berikatan dengan temen sesama karbon. Loe bayangin deh, gw bisa ngebangun rantai karbon, mulai cuman 2 member sampe sebanyak gw pengen. -C-C-C-C-C-. Apalagi gw juga bisa nambahin tu rantai dengan cabang-cabang lagi, wuih bisa makin yahud deh rantai kami. Boleh rantai terbuka ataupun rantai tertutup alias cincin''
''Alhamdulillah, ngeh deh gw sekarang. Uniquenya loe: 1. Bisa bikin 4 ikatan kovalen dengan atom lain 2. Bisa berikatan dengan sesama atom karbon''
''That's right friend. Semoga kita tetap dalam ikatan ukhuwah, amin''
''Amin. Dah dulu Bon, gw nyari kopi dulu. Ikut?''
''Syukran, tp gw mo nyari postingan baru nih''
wkwkwkwk....

No comments:

Post a Comment