Monday, December 13, 2010

PERAN PERSONIL SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM

BAB I
PENDAHULUAN

1.Latar Belakang

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP) yang semula hanya diujicobakan di beberapa sekolah, sejak tahun 2006 mulai diberlakukan secara bertahap pada semua jenjang pendidikan formal di wilayah hukum Indonesia dengan payung hukum UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003. Selanjutnya PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pada ayat 1 pasal 15 menyatakan bahwa Kurikulum tingkat satuan pendidikan adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Peraturan ini menjadikan kegiatan penyusunan dan pengembangan kurikulum adalah hal yang ”harus dilakukan” oleh sekolah.
Alasan utama pengalihan kewenangan pengembangan kurikulum ini adalah desentralisasi, dengan harapan kurikulum yang dikembangkan sendiri oleh sekolah akan mampu mewadahi seluruh kebutuhan, kekhasan dan potensi tiap sekolah termasuk peserta didik di dalamnya, tanpa kehilangan arah dari tujuan nasional pendidikan.
Permasalah mulai muncul ketika ternyata tidak semua sekolah dan stake holder di dalamnya memiliki kompetensi yang memadai untuk mengembangkan kurikulum secara mandiri. Itu adalah hal yang wajar mengingat sekolah pada masa yang lalu sudah puluhan tahun hanya di”beri” kurikulum yang sudah matang dan tinggal dimakan. Pihak departemen pendidikan nasional yang merupakan lembaga yang memegang peran sentral tentu saja tak tinggal diam. Bersama beberapa lembaga dan institusi, seperti BSNP, Puskur, dan lembaga hirarki dinas pendidikan, kegiatan mengedukasi masyarakat pendidikan Indonesia segera dilakukan secara bertahap dan terprogram, agar KTSP dapat berjalan dengan sukses mulai dari perancangannya sampai implementasi yang mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Meskipun demikian selalu saja terdapat keterbatasan sekolah untuk mengembangkan kurikulum yang paling optimal untuk menjadi acuan bagi sekolah dalam memberikan layanan pendidikan terbaik dan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kompetensi peserta didik. Untuk itu diperlukan pemahaman yang komprehensif yang dimiliki oleh seluruh personil sekolah, terutama yang terkait langsung dengan penyusunan dan pengembangan kurikulum di tingkat sekolah agar kurikulum yang diimplementasikan dapat memenuhi target yang diharapkan.

Naskah lengkap silakan download di: sini
Presentasi Powerpoinnya bisa di download di: sini

No comments:

Post a Comment